Alzheimer Menyerang Usia Muda

Alzheimer Menyerang Usia Muda,- Penyakit alzheimer dikenal dengan gejala utama pikun yang pada umumnya terjadi pada usia diatas 65 tahun atau lanjut usia (lansia). Akan tetapi tidak menutup kemungkinan kalau penyakit alzheimer ini bisa menyerang pada usia muda.
Alzheimer

Data dari alzheimer assosiation, ada 5% orang yang mengalami gejala penyakit alzheimer pada usia lebih muda, yaitu 40 - 50 tahun.

Salah satu faktor penyebab penyakit alzheimer yang menyerang pada usia muda diduga karena faktor genetik. Organisasi Alzheimer's Indonesia mendapat laporan bahwa adanya suspect ataupun orang yang msih diduga menderita alzheimer termuda yaitu usia 22 tahun. Akan tetapi informasi tersebut harus dikonfirmasi terlebih dahulu.

Penderita penyakit alzheimer di Indonesia mengalami peningkatan, dimana peningkatan tersebut mencapai sekitar 20%, dari 1 juta menjadi 1,2 juta penderita penyakit alzheimer.

Peningkatan jumlah penderita penyakit alzheimer ini diikuti dengan meningkatnya beban ekonomi keluarga penderita alzheimer dari 1,7 miliar dollar AS menjadi 2 miliar dollar AS pertahun. Hal tersebut terjadi karena hilangnya penghasilan keluarga penderita alzheimer untuk membiayai obat-obatan. Baca : Obat Alzheimer

Dibulan kepedulian penyakit alzheimer ini, Alzheimer's Indonesia mengingatkan pentingnya penjaga pola hidup sehat.

Pikun bukanlah situasi normal yang mengiringi proses penuaan. Ada 10 gejala penyakit alzheimer yang harus diwaspadai, diantaranya yaitu gangguan daya ingat, sulit fokus, sulit melakukan kegiatan sehari-hari, megalami disorientasi, sampai perubahan perilaku dan kepribadian.